Friday, February 17, 2017

MENGENAL FUNGSI BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT WORD 2007



Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Menurut wikipedia Bahasa Indonesia

Lebih tepatnya Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (Word Processor) yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat kabar, label surat, dan membuat tabel pada dokumen.

Berbeda dengan versi ms.word sebelumnya, pada ms.word 2007 memiliki program lebih lengkap dan beberapa keunggulan yang membantu kita mengerjakan kegiatan menulis misalnya membuat document, surat, famplet, kartu nama, brosur dall dengan lebih baik.

MEMULAI MENGGUNAKAN WORD 2007

Untuk menggunakan dan mengaktifkan word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1.    Klik menu START pada taksbar
2.  Klik All Program, Microsoft Office, Microsoft Office Word 2007

Membuat Dokumen Baru Di Microsoft Word 2007

Untuk membuat dokumen baru pada word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1.    Klik Office Buttom
2.    Klik New
3.    Pada Kotak Dialog yang muncul Pilih Blank Document
4.    Klik tombol Create


MENGENAL BAGIAN DOKUMEN / INTERFACE



  •       Office Button adalah tombol yang terdiri dari perintah-perintah standar seperti membuka dokumen, menyimpan dokumen dsb.
  •       Title Bar, terletak paling atas pada jendela word. Title Bar ini menampilkan nama dokumen yang sedang kita buka. Untuk dokumen yang belum disimpan/diberi nama maka Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
  •       Quick Access Toolbar adalah toolbar yang berisi sejumlah perintah Customize quick access toolbar.
  •       Menu Bar terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Jendela ini umumnya berisi menu tool dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu. 
  •       Ruler adalah bagian fasilitas untuk mengatur margin atau tabulasi.
  •       Status Bar adalah bagian fasilitas yang berisi nomor halaman, zoom dsb.
  •       Halaman Kerja adalah media kerja berwarna putih yang tampak pada saat Microsoft Word 2007 diaktifkan.
  •       Zoom adalah bagian fasilitas untuk mengatur media tampilan halaman kerja. Tombol plus untuk memperbesar dan tombol minus sebaliknya.
  •       Pengatur Tampilan Halaman Kerja berfungsi untuk melihat tampilan pada halaman kerja, terdapat mode tampilan yang dapat dirubah yaitu : print layout, fullscreen reading, web layout, outline dan draft.

MENGENAL ELEMEN JENDELA WORD (Menu Bar)


  •       Home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka microsoft word. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, style dan editing serta clipboard.
  •       Insert, Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam dokumen. Menu insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol. Untuk mengaktifkan Menu Insert, klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N (Perhatikanlah ribbon menu yang tampil).
  •       Page Layout, Tab page Layout digunakan untuk mengatur tata letak data, yang meliputi Page Setup, memberiwarna background pada lembar kerja, mengatur spasi antar baris, membuat kolom pada teks dan mengatur indentasi. Menu page layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange. Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, kita dapat mengklik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P (Perhatikanlah ribbon menu yang tampil).

  •       References, Tab ini dugunakan untuk memasukkan berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), menyisipkan gambar, dan membuat tanda citasi. Perhatikan tampilan Tab References. References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities. Untuk mengaktifkan Menu References, kita dapat mengklik tab Menu References pada tab menu / tekan Alt+S (Perhatikanlah ribbon menu yang tampil).

  •       Mailings, Tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label. Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish. Untuk mengaktifkan Menu Mailing, kita tinggal klik tab Menu Mailing pada tab menu atau tekan Alt+M (Perhatikanlah ribbon menu yang tampil).
  •       Review, Tab Review berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen. Review terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect. Untuk mengaktifkan Menu Review, coba klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R (Perhatikan ribbon menu yang akan tampil).
  •       View, Tab View digunakan untuk menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan menampilkan garis bantu pada lembar kerja. Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View. Untuk mengaktifkan Menu View, klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W (Perhatikanlah ribbon menu yang akan tampil).

Menyimpan Dokumen Kerja
1.    Klik ikon Office
2.    Pilih Save atau Save As
3.    Pilih Word Document

Proses Pengkopian dan Pemindahan
Untuk menyalin/memindah teks ke lokasi baru pada dokumen yang sedang di kerjakan, langkah langkahnya adalah :
1.    Pilihlah teks yang akan dikopi atau dipindahkan.
2.    Klik tab home lalu klik icon Copy untuk duplikasi (atau CTRL + C di keyboard) atau icon Cut untuk memindahkan.
3.    Tentukan lokasi baru tempat menyimpan teks yang kita ambil tadi.
4.    Masih di tab home, klik icon Paste paste (atau CTRL + V di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada tempat baru lalu klik paste.

Menggunakan Fasilitas Undo dan Redo
·         Undo adalah untuk membatalkan perintah yang baru saja diberikan pada Microsoft Word. Caranya dengan menekan icon Undo pada quick access toolbar atau dengan menekan CTRL + Z di keyboard.
·         Repeat adalah untuk mengulang perintah yang baru saja diberikan pada Microsoft Word. Caranya dengan menekan icon repeat pada quick access toolbar atau dengan menekan CTRL + Y di keyboard.

Fasilitas Find
Untuk menemukan sebuah kata pada dokumen yang tidak terlalu banyak / terdiri dari beberapa halaman, memang mudak tapi apabila harus menemukan satu kata pada dokumen yang terdiri puluhan bahkan ratusan halaman, alangkah repotnya dan akan menyita banyak waktu. Oleh karena itu, gunakanlah fasilitas find yang ada di Word 2007 dengan cara:
1.    Klik tab home lalu cari grup editing dan klik Find atau dengan menekan Ctrl + F, maka muncul kotak dialog Find and Replace seperti gambar di atas.
2.    Pada kotak pilihan Find what, tulislah teks yang yang akan dicari. Lalu klik Find Next untuk mencari per kata. Atau klik Find in dan lanjutkan dengan mengklik Main Document untuk mencari seluruh kata.

Fasilitas Replace
Untuk mengganti beberapa kata yang sama pada dokumen yang terdiri dari banyak halaman alangkah tidak efisien apabila harus ditemukan dahulu dan digantinya satu persatu dan di ketik secara manual. Dan kemungkinan besar ada kata yang terlewat tidak terganti. Misalnya pada sebuah dokumen terdiri dari 50 halaman kita akan mengganti semua kata Baju dengan kata Pakaian. Dengan menghapus dan menggantinya satu persatu maka kita akan kehabisan waktu karean harus membaca dokumen per baris dan juga besar kemungkina kata tersebut terlewat. Maka untuk menanggulanginya, ikuti langkah berikut:
1.    Klik tab home lalu cari grup editing dan klik replace, maka muncul kotak dialog Find and Replace (lihat gambar di atas).
2.    Pada kotak pilihan Find what tulislah teks yang akan diganti. Pada kotak pilihan Replace with, tulislah kata yang baru. Klik replace untuk mengganti satu persatu atau klik replace all untuk mengganti kata yang dimaksud.


No comments:

Post a Comment